5 Resep Kue Kering dan Cara Membuatnya

5 Resep Kue Kering dan Cara Membuatnya

5 Resep Kue Kering dan Cara Membuatnya

Ada banyak berbagai macam kue kering yang bisa kita buat untuk hidangan cemilan saat berkumpul dengan keluarga. Ada kue tradisional dan modern. Banyak yang menyukai kue jenis ini dikarenakan daya tahan nya yang lebih lama daripada kue basah. Rasanya juga lebih renyah, pas sekali untuk teman di saat santai, menonton televisi, hari raya, tamu dan yang lainnya. Pada umumnya memang kita membeli aneka kue kering tersebut apalagi saat mempersiapkan kue kering saat lebaran, seperti nastar, putri salju, lidah kucing dan yang lainnya. Padahal cara membuat kue kering tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit.

Kue jenis ini biasanya dibagi menjadi dua golongan, yaitu resep kue kering tradisional dan kue kering modern. Kue kering modern yang biasanya merupakan perpaduan resep dari luar yang dikombinasikan sesuai dengan citarasa orang Indonesia. Cara membuat kue kering jenis ini juga lebih rumit sebenarnya, tetapi rasa memang sebanding dengan pekerjaannya. Biasanya perlu menggunakan mixer dan dipanggang. Bahan untuk membuat kue modern juga lebih banyak karena memang lebih rumit. Buat yang tidak hobi, mereka pada umumnya membelinya dalam bentuk toples kue kering yang sudah jadi.

Yang kedua yaitu kue kering tradisonal. Biasanya resep kue tradisional ini menggunakan bahan bahan sederhana untuk membuat adonannya. Bahannya mungkin hanya beberapa macam dan mengolahnya juga hanya menggunakan tangan biasa. Cara membuat kue kering tradisional juga lebih mudah dan tidak memerlukan mixer. Pada umumnya cuma digoreng dengan minyak panas biasa. Pas sekali untuk ibu-ibu yang ingin menyajikan kue yang sehat dan aman untuk snack sehari-hari atau untuk teman nonton TV di rumah.

Resep Kue Kering dan Cara Membuatnya

1. Resep Kue Kering Kacang Bulan Sabit

Resep Kue Kering Kacang Bulan Sabit


Bahan bahan Resep Kue Kering Kacang Bulan Sabit

  1. Tepung Terigu yang mempunya kadar protein sedang sebanyak 140 gram.
  2. Gula putih bubuk atau biasa disebut juga gula halus sebanyak 125 gram.
  3. Pasta kacang atau bisa juga menggunakan kacang tanah yang disangrai dan dikupas kulitnya terus diblender sebanyak 120 gram.
  4. Baking Powder sebanyak seperempat sendok kecil atau sendok teh.
  5. Susu bubuk putih sebanyak setengah sendok makan.
  6. Tepung maizena sebanyak 30 gram.
  7. Bubuk Vanila sebanyak seperempat sendok kecil atau sendok teh.
  8. Garam dapur halus beryodium sebanyak seperempat sendok kecil.
  9. Minyak goreng sebanyak 100 ml.
  10. Kacang Tanah sebanyak 140 gram. Panggang dan kupas kulitnya lalu ditumbuk sampai halus (tidak perlu diblender supaya timbul tekstur kacang aslinya).
  11. Mentega satu sendok makan dan 2 kuning telur, dicampur rata untuk bahan olesan kue.
Cara Membuat Resep Kue Kering Kacang Sabit

  1. Ambil satu wadah cukup besar kemudian masukkan 140gram tepung terigu, 1/2 sendok susu bubuk, baking poweder, garam, 1/4 sendok vanila dan 30 gram maizenanya. Aduk semua bahan sampa benar benar tercampur dengan rata.
  2. Ambil tempat lagi yang ukurannya kecil. Masukkan 125 gram gula bubuk dan selai kacangnya. Kocok sampai lembut.
  3. Masukkan campuran selai kacang dan gla ke dalam adonan pertama. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.
  4. masukkan kacang tanah tumbuk dan 100 ml minya ke dalam adonan utama. Aduk kembali sampai benar benar tercampur sempurna dan semua bahan tercampur rata.
  5. Giling adonan di atas kurang lebih dengan tebal sekitar setengah cm. Bentuk semua adonan sampai habis.
  6. Ambil loyang, lapisi dengan sedikit margarin supaya kue tidak lengket saat proses pemanggangan. Masukkan dan tata rapi adonan Kue acang Tanah Buan sabit di atas loyang dengan rapi dan diberi jarak antar kue secukupnya.
  7. Panaskan oven dengan api sedang cenderung kecil sampai mencapai suhu 120-130 derajat celcius.
  8. Olesi atas kue dengan bahan olesan di atas dan masukkan ke dalam oven sampai matang berwarna kecoklatan (kurang lebi sekitar 31 menit).
  9. Angkat dan dinginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam toples hidangan.

2. Resep Kue Nastar Empuk Spesial Keju

Resep Kue Nastar Empuk Spesial Keju


Bahan bahan Resep Kue Nastar Empuk Spesial

  1. Bahan dasar resep kue kering satu ini adalah 600 gram Tepung Terigu, Gunakan Terigu yang mempunya kadar protein sedang untuk hasil yang empuk dan lembut.
  2. 3 butir ukuran besar atau 5 butir Telur Ayam ukuran kecil untuk bahan adonan.
  3. 250 gram margarin kuning dan 300 gram Butter. Pemilihan merek dan kualitas margarin dan butter disini cukup penting untuk mendapatkan hasil jadi yang sempurna.
  4. 1 butir sampai 2 butir Telur Ayam. Dipisah kuning dan putih telur nya untuk bahan olesan di atas Kue Nastra nya.
  5. 210 gram Gula Putih Halus
  6. 2 sampai 3 sendok besar/sendok makan Susu Bubuk Full Cream untuk campuran tepung terigunya
  7. 250 gram sampai 300 gram Keju yang di parut. Sebagian untuk hiasan luar Nastarnya.
  8. 750 gram Selai Nanas
  9. Setengah sendok makan garam dapur.
  10. Bahan bahan lain yang bisa ditambahkan sesuai selera atau kreatifitas anda adalah beberapa potong cengkeh manis untuk hiasan luar, vanila untuk penambah rasa di adonan kue dan lain-lain nya.
Cara Membuat Kue Nastar Keju Empuk Spesial

  1. Ambil wadah ukurang besar untuk adonan. Masukkan Gula halus, 250 margarin dan 300 gram butter. Campur dan mixer sampai mengembang.
  2. Setelah menngembang masukkan 5 butir telur ayam ukuran kecil satu persatu sambil tetap di mixer.
  3. Masukkan setengah bagian atau 100 gram Keju yang sudah diparut sambil di aduk lagi sampai rata.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk 600 gram tepung terigu yang sudah dipersiapkan di atas. Pastikan tepung terigu tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan
  5. Masukkan kembali 100 gram Keju parut dan aduk lagi sampai semua bahan tercampur dengan sempurna. Pastika adonan tidak terlalu lembek dan bisa dibentuk.
  6. Panaskan Oven atau pangganan dengan api sedang.
  7. Sambil menunggu oven mencapai suhu 165 derajat sampai 175 derajat celsius, oleskan loyang yang akan dipakai buat memanggang dengan sedikit margarin cair supaya Kue Nastar nanti tidal lengket ke loyang nya.
  8. Ambil sedikit adonan Nastar di atas. Bentuk seperti bulatan dan masukkan selai nanas secukup nya. lakukan berulang sampai dirasa cukup untuk loyang yang akan di panggang.
  9. Olesi bagian atas Kue Nastar nya dengan putih telur, taburi dengan sedikit parutan keju di atas nya. Anda juga bisa menambahkan sedikit potongan cengkeh manis untuk variasi.
  10. Masukkan loyang yang sudah berisi cetakan Kue nya. Panggang dengan api sedang cenderung kecil sampai matang dan tercium aroma harum Kue nya atau kurang lebih sekitar 30-35 menit.

3. Resep Kue Putri Salju

Resep Kue Putri Salju


Bahan bahan Resep Kue Putri Salju

  1. Bahan utama yang harus dipersiapkan kali ini adalah 500 gram Tepung Terigu yang halus dan lembut. Ada baik nya tepung di saring terlebih dahulu supaya hasil jadinya benar benar bertekstur lembut.
  2. 50 gram sampai 60 gram Tepung Maizena atau Tepung Jagung.
  3. 500 gram Margarin.
  4. Setengah sendok teh garam dapur.
  5. 3 butir sampai 5 butir telur ayam (tergantung ukuran nya, diambil bagian kuningnya saja).
  6. 350 gram sampai 500 gram Gula Putih Bubuk Halus untuk melapisi kue nya.
  7. Untuk variasi, teman teman bisa mempersiapkan 300 gram Keju Parut untuk taburan di atas kue atau 150 gram Kacang Tanah yang di oven dan dicincang kasar. Anda juga bisa menggunakan Kacang Mete.
Cara membuat Resep Kue Putri Salju

  1. Langkah pertama, ambil satu wadah yang cukup besar. Masukkan 500 gram margarin dan kocok sampai margarin mengembang.
  2. Masukkan Tepung Maizena dan 500 gram tepung terigu yang sudah di ayak ke dalam wadah di atas. Sambil di kocok lagi sampai mengembang, masukkan 1/2 sendok kecil garam dapur.
  3. Masukkan satu per satu 3 sampai 5 butir telur ayam ke dalam adonan tadi. Kocok kembali dan pastikan semua adonan tercampur dengan sempurna dan mengembang dengan sempurna. Di tahap ini, kalau memang anda mau memberikan variasi kacang tanah atau keju parut bahan bahan tersebut bisa dimasukkan kemudian dicampur lagi sampai benar benar tercampur dengan rata.
  4. Bentuk adonan di atas sesuai selera. Mau dibentuk seperti bentuk Kue Putri Salju Keju yang umum atau mungkin ada mau mebentuk nya seperti bentuk love, lingkaran atau bentuk lain nya. Kalau anda punya cetakan kue kering dengan bentuk yang lucu, cetakan tersebut juga bisa digunakan. Silahkan berkreasi sesuai dengan imajinasi.
  5. Langkah selanjut nya adalah memanaskan panggangan atau oven sampai dirasa cukup panas atau suhu di dalam nya sekitar 160 derajat sampai 170 derajat. Panggang cetakan di atas kurang lebih sekitar 14 menit sampai 15 menit. Gunakan api kecil supaya tingkat kematangan nya rata.
  6. Tinggal menunggu sampai Kue Kering Putri Salju matang. Setelah matang tinggal di balut atau ditaburi dengan gula putih halus sampai terbalut dengan sempurna.

4. Resep Kue Kering Kastengel

Resep Kue Kering Kastengel


Bahan bahan Resep Kue Kastengel Keju

  1. Bahan utama yang harus dipersiapkan adalah 450 gram Tepung terigu. Gunakan Tepung terigu yang mempunyai kadar protein rendah (merek yang cukup terkenal yang sering di gunakan adalah Kunci Biru.
  2. 1 sdt baking powder.
  3. 100 gram margarin.
  4. 200 gram Mentega tawar atau mentega unsalted butter. Diparut.
  5. 250 gram Keju Parmesan atau Keju Edam (bisa di sebut juga keju tua, diparut)
  6. 3 butir Telur ayam. Dipecah dan diambil bagian kuningnya saja.
  7. Kaldu ayam bubuk sedikit (sekitar 1 sendok teh, untuk menambah rasa gurih di hasil jadi).
  8. Garam dapur beryodium satu sendok teh.
  9. 50 gram susu bubuk full cream.
  10. Bahan untuk olesan yang dibutuhkan adalah 1 butir telur ayam diambil kuningnya saja dan 70 gram Keju Cheddar diparut dan ditaburi di atas kue.
Cara membuat Kue Kastengel renyah

  1. Ambil satu wadah yang cukup besar buat adonan utama.
  2. Masukkan 200 gram mentega tawar, 100 gram margarin, 1 sendok teh garam dan kaldu ayam. Kocok dengan menggunakan mixer berkecepatan sedang sampai mengembang.
  3. Masukkan satu persatu 3 butir kuning telur ayamnya. Mixer lagi semua bahan sampai tercampur rata.
  4. Ambil wadah kedua. Masukkan 450 gram tepung terigu protein sedang dan 50 gram susu bubuk full creamnya. Aduk dan campur sampai rata dan ayak.
  5. Masukkan campuran tepung terigu, baking powder dan susu bubuk di atas ke dalam adonan utama sedikit demi sedikit sambil tetap di aduk. Aduk terus menggunakan spatula atau tangan sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.
  6. Masukkan 250 gram Keju parmesan atau keju edam di atas ke dalam adonan. Aduk terus semua bahan sampai rata dan terasa kalis.
  7. Cetak adonan sesuai selera. Biasanya berbentuk persegi panjang dengan ukuran 0.8 cm x 5 cm. Taruh ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan sedikit margarin (supaya tidak lengket) dengan rapi. Jaga jarak antar kue tidak terlalu rapat.
  8. Panaskan oven sampai mencapai suhu sekitar 170 derajat celcius. Masukkan loyang yang sudah berisi cetakan kue ke dalam oven. Panggang sampai matang dan berwarna coklat muda.
  9. Sambil menunggu kue kering di loyang matang, siapkan bahan untuk olesannya. Ambil satu wadah kecil dan masukkan kuning telurnya. Tidak perlu di kocok. Ckup di aduk sebentar.
  10. Kue Kastangel yang sudah matang diolesi sedikit kuning telur di atasnya. Taburi dengan Keju parut di atasnya. Dinginkan sebelum dimasukkan ke dalam tempat kue.

5. Resep Kue Kering Semprit Renyah

Resep Kue Kering Semprit Renyah


Bahan-bahan Resep Kue Kering Semprit Renyah

  1. Tepung Maizena atau Tepung jagung sebanyak 40 gram.
  2. Vanili bubuk sebanyak seperempat sendik kecil atau sendok teh.
  3. Gula Pasir Bubuk atau Gula Halus sebanyak 150 gram.
  4. 2 butir telur ayam. Pisahkan bagian kuning telur dan putih telurnya. Yang dibutuhkan nanti adalah 2 butir kuning telur dan 1 butir putih telurnya.
  5. Mentaga sebanyak 200 gram.
  6. Kismis secukupnya atau kurang lebih 90-110 gram. Bahan kismis untuk hiasan di atas kue bisa diganti dengan selain strawbery atau selai nanas.
  7. Tepung terigu yang mempunya kadar protein sedang sebanyak 380 gram.
Cara membuat Resep Semprit Gurih dan Enak

  1. Ambil satu wadah untuk mencampurkan 40 gram tepung maizena dan tepung terigunya. Campur sampai rata dan ayak.
  2. Ambil lagi satu wadah kecil. Masukkan putih telur dan rendam kismis di dalamnya.
  3. Ambil tempat lagi yang ukurannya cukup besar. Masukkan 200 gram margarin, 150 gram gula bubuk, vanili dan 2 butir kuning telur ayamnya. Kocok dan mixer semua bahan di atas sampai rata.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung terigu dan tepung maizena di atas sambil tetap di aduk. Ulangi sampai campuran tepung habis dan semua bahan tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan.
  5. Olesi loyang yang akan di gunakan untuk memanggang kue dengan sedikit margarin supaya tidak lengket.
  6. Siapkan plastik buat membuat cetakan kue kering sempritnya. Masukkan bahannya ke dalam plastiknya dan semprot berbentuk seperti bunga mawar yang merekah sampai semua loyang terisi adonan setengah jadi.
  7. Ambil satu kismis atau selai strawberynya. Letakkan di atas kue tepat di tengahnya.
  8. Masukkan ke dalam oven dengan suhu sekitar 165 derajat sampai 175 derajat. Panggang kurang lebih sekitar 21 menit sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.
  9. Tunggu Kue Kering Sempritnya dingin terlebih dahulu sebelum di masukkan ke dalam toples kue kering yang kedap udara.

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar